Permainan Pembelajaran Cerita Berantai

Pada postingan sebelumnya saya telah memberikan informasi untuk guru-guru atau mungkin untuk kamu para calon guru tentang permainan bisik berantai.

Kali ini saya akan memberikan informasi tentang permainan “Cerita Berantai” jenis permainan ini masih termasuk jenis model pembelajaran kooperatif karena dalam proses pelaksanaannya siswa harus terbagi ke dalam beberapa kelompok. Jenis permainan ini bisa digunakan untuk mata pelajaran bahasa indonesia tentang ketrampilan bahasa berbicara kemudian bisa juga digunakan untuk materi pelajaran bahasa inggris tentang speaking skill. Langsung saja saya jelaskan teknis pelaksanaannya

  • Guru menyampaikan materi pada hari itu kepada siswa.
  • Setelah menyampaikan materi, guru menyisipkan kegiatan tanya jawab seputar materi yang telah disampaikan tadi, tujuannya untuk mengevaluasi apakah materi yang disampaikan sudah bisa dipahami atau belum oleh siswa.
  • Selanjutnya guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan cara berhitung. Sebagai contoh berhitung dari 1-5.
  • Siswa yang mendapat nomor 1-5 berkumpul dengan siswa yang mendapat nomor yang sama.
  • Lalu guru menjelaskan peraturannya.
  • Tiap kelompok akan maju secara berurutan berdasarkan nomor kelompok tadi
  • Kelompok yang maju ke depan kelas berdiri sejajar dengan jarak setengah lengan.
  • Guru memberikan satu tema cerita yang harus mereka lanjutkan ceritanya.
  • Selanjutnya guru akan memulai cerita, kemudian guru akan berhenti bercerita dan dilanjutkan oleh siswa yang maju ke depan kelas sampai anggota terakhir.
  • Kegiatan ini diulang sampai kelompok terakhir.

Hahahaha sungguh menyenangkan bukan??? Menurut saya ini juga salah satu permainan yang efektif dan bisa meninggalkan kesan untuk tiap siswa, karena siswa dituntut bisa membuat cerita secara dadakan dalam melakukan permainan ini.

Naaah jadi untuk kalian guru-guru atau calon guru, selamat mencoba permainan ini ya, semoga bermanfaat 🙂

Permainan Pembelajaran Bisik Berantai

Sebagai calon guru kita dituntut untuk bisa menciptakan peroses pembelajaran yang menarik, tepat, efisien dan meninggalkan kesan untuk siswa. Karena dalam satu kali pertemuan di kelas, seorang guru hanya memiliki durasi waktu mengajar ±40 menit untuk mengajar di satu kelas, dan dalam waktu yang bisa dikatakan singkat ini, guru harus bisa menyampaikan materi pelajaran itu kepada siswa yang bervariasi kemampuan, sikap dan karakternya, bisa dibayangkan hebat kan jadi seorang guru hehehe

Kalau hanya dengan menggunakan metode ceramah, aaaaah saya yakin yang bukan seorang guru juga bisa, kan cuma baca buku terus nyampein materi terus ngasih tugas ke siswa, udah duduk lagi di meja guru. Eitssss tapi kalau kalian mau jadi seorang guru yang mau dikatakan profesional, kalian harus bisa merancang kegiatan pembelajaran di kelas menjadi kegiatan yang menyenangkan dan membuat siswa tertarik untuk mengikuti pelajaran tersebut.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi untuk guru-guru atau mungkin untuk kamu para calon guru agar bisa menyampaikan materi dengan efektif dan efisien. Yaitu dengan menggunakan permainan bisik berantai .

Permainan ini merupakan jenis model pembelajaran kooperatif karena dalam proses pelaksanaannya siswa harus terbagi ke dalam beberapa kelompok. Jenis permainan ini bisa digunakan untuk mata pelajaran bahasa indonesia tentang ketrampilan bahasa menyimak  dan berbicara kemudian bisa juga digunakan untuk materi pelajaran bahasa inggris tentang listening skill. Langsung saja saya jelaskan teknis pelaksanaannya

  • Guru menyampaikan materi pada hari itu kepada siswa.
  • Setelah menyampaikan materi, guru menyisipkan kegiatan tanya jawab seputar materi yang telah disampaikan tadi, tujuannya untuk mengevaluasi apakah materi yang disampaikan sudah bisa dipahami atau belum oleh siswa.
  • Selanjutnya guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan cara berhitung. Sebagai contoh berhitung dari 1-5.
  • Siswa yang mendapat nomor 1-5 berkumpul dengan siswa yang mendapat nomor yang sama.
  • Lalu guru menjelaskan peraturannya.
  • Tiap satu kelompok harus memiliki ketua kelompok.
  • Nanti tiap kelompok akan maju secara berurutan berdasarkan nomor kelompok tadi
  • Tiap ketua kelompok diminta maju ke depan untuk mengambil undian di tempat yang disediakan guru, yang mana undiannya itu berisi sebuah kalimat yang merupakan tugas untuk tiap-tiap kelompok
  • Kelompok yang maju ke depan kelas berdiri sejajar dengan jarak setengah lengan.
  • Selanjutnya ketua kelompok tidak boleh memberitahu isi kalimat dari undian yang didapatkan ke pada anggota kelompoknya
  • Boleh memberitahu ke anggota kelomopknya tapi bukan dengan cara diucapkan sekeras-kerasnya, tapi dengan cara dibisikkan ke telinga tiap-tiap anggota kelompok.
  • Dimulai dari anggota kelompok di sebelah ketua dengan aturan pengulangan pengucapan kalimat hanya 3 kali pengulangan, setelah itu dibisikkan lagi sampai ke anggota kelompok yang terakhir.
  • Setelah selesai, guru bertanya pada tiap anggota kalimat apa yang sudah kamu dapatkan, terus sampai ke ketua kelompok.
  • Jika benar, maka kelompok tersebut berhak mendapatkan reward dari guru.
  • Kegiatan ini diulang sampai kelompok terakhir.

Hahahaha sungguh menyenangkan bukan??? Saya sudah mencobanya di kelas III dan IV. Menurut saya ini sangat efektif dan sangat meninggalkan kesan untuk tiap siswa, karena siswa sangat berantusias melakukan permainan ini.

Naaah jadi untuk kalian guru-guru atau calon guru, selamat mencoba permainan ini ya, semoga bermanfaat  🙂

Membuat Hiasan Case Handphone dengan Menggunakan Kertas HVS

Handphone merupakan alat komunikasi yang sangat penting dan merupakan barang wajib yang dibawa kemanapun kita pergi, bahkan saat bangun tidur di pagi hari benda yang kita cari adalah handphone, iya kan benar kan benar kan???? hehehe

Pada postingan sebelumnya, saya menunjukkan bagaimana cara membuat hiasan case dengan menggunakan sampul buku bekas, kemudian selanjutnya saya akan menunjukkan bagaimana mambuat hiasan softcase handphone dengan hanya menggunakan kertas HVS, bayangkan hanya dengan kertas HVS, warbyazah bukan hehe so pasti kegiatan ini perlu adanya kreativitas dari kalian yang akan melakukan tutorial ini.

Gak usah panjang lebar, berikut cara membuatnya.

Alat dan Bahan

  • softcase handphone bening
  • kertas HVS
  • Pensil, pulpen, atau spidol boleh
  • Gunting
  • Cuter

Langkah pembuatan

  1. Pertama siapkan niat di dalam hati kalian sebelum melakukan kegiatan ini, karena kegiatan ini membutuhkan ketelitian, kesabaran dan ketenangan. Hahahaha
  2. Ambil kertas HVS yang berwarna putih, karena kalau yang berwarna warni itu namanya kertas origamii hahaha
  3. Buat pola sesuai keinginan pemilik.
    pada postingan ini saya membuat design prisma
  4. Setelah pola dibuat, selanjutnya gunakan gunting, cuter untuk memotong kertas HVS tadi sesuai dengan model handphone kalian. ini milik sayaimg_20170127_164543
  5. Selanjutnya masukkan design gambar yang sudah dipotong ke dalam softcase handphone kalian
    img_20170127_165118
  6. Jadilah hiasan case handphone dengan kertas HVS yang didesign sendiri oleh kalian, tentu memiliki kepuasan tersendiri kalau hiasan untuk handphone, kita design sendiri hehehe
    Selamat mencobaaaaaa 🙂

Review Lip Balm Jupon

Hello semuanya hari ini saya akan mereview Lip Balm merk Jupon 🙂

Pada postingan sebelumnya saya sudah mereview tentang Lip Balm Arab Hijau merk Hare, naaah kali ini saya akan mereview salah satu lip balm koleksi saya. Lagsung saja kita mulai review si Lip Balm Jupon…

Pertama packaging dari lip balm ini yang sangat mungil, kecil, mudah diumpetin dalam tas dan kadang lip balm ini membuat saya kewalahan karena suka ngumpet entah dimana hehehe. Berikut saya tampilkan wujud dari si mungil lip balm jupon.

img_20170130_095256

Karena bentuknya yang kecil dan mungil jadi tak banyak keterangan yang tertera pada kemasan lip balm ini. Pada bawah kemasan lip balm ini hanya tertera berat dari lip balm dan beberapa keterangan yang sedikit. Berikut tampilan bawah dari lip balm jupon.

img_20170130_095333

Selanjutnya kita lihat bersama bagian dalam dari dalam lip balm jupon ini, teksturnya lebih berminyak daripada Lip Balm Arab Hijau Merk Hare, untuk warnanya dibilang seperti warna merah? Bukan. Warna pink? Bukan. Warna peach? Bukan. Tapi menurut saya warna dari bagian dalam lip balm ini sedikit warna jingga bercampur merah muda sedikit. Menurut kalian warna apa? Hahaha ya sudah pendapat masing-masing. Berikut tampilan bagian dalam dari lip balm jupon.

img_20170130_095526

Oke sekarang waktunya testimoni warna dari lip balm jupon ini. Warna dari lip balm jupon ini memang sudah terlihat sejak olesan pertama di tangan, dan untuk olesan yang ketiga warnanya semakin terlihat tebal dan cantik. Berikut tampilan testimoni 1x oles dengan yang 3x olesan.

img_20170130_100010

Sekarang waktunya saya aplikasikan lip balm ini ke bibir saya. Saya sangat suka dengan lip balm ini karena saat diaplikasikan di bibir rasanya creamy ditambah aromanya yang segar seperti buah-buahan. Berikut tampilannya

Before                                                       After

Jadi intinya saya merasa klop banget pake lip balm ini setiap hari saat berangkat ke kampus karena yaitu bisa menutupi warna bibir saya yang gelap. For your information, untuk kalian yang punya kulit bibir gelap dan kering lip balm ini cocok banget di bibir kalian soalnya bisa bikin bibir kalian lebih lembab dan berwarna peach dan sedikit kemerahan.

img_20170130_095206

Terakhir saya akan memberikan penilaian buat si mungil lip balm jupon ini.

Kelebihan (+)

(+) packagingnya mungil, imut, pas dibawa kemana-mana

(+) teksturnya creamy, melembapkan bibir saya

(+) aromanya enak, segar, dan bikin nyaman dipakai

(+) warnanya sangat jelas menutupi warna bibir saya yang gelap, dan warnanya tahan ± 12 jam, kalau untuk creamynya bisa hilang kalau kalian makan dan minum berkali-kali, tapi kalau untuk warna lip balm jupon ini stay cool di bibir terus hehe

(+) harganya terjangkau dan cocok sama kantong mahasiswa seperti saya

Kekurangan (-)

(-) tidak ada keterangan BPOM, waktu expired dan sejenisnya

(-) ukurannya sedikit, jadi harus nyetok banyak biar gak kehabisan

Nilai untuk Lip Balm Jupon ini adalah 9/10

So buat kamu yang suka koleksi lip balm di rumah, lip balm jupon ini harus masuk daftar koleksi lip balm kalian ya, karena ini recomended banget beneran deh, saya pun akan terus menggunakan lip balm ini sampai pabrik yang memproduksinya tutup haha

Selamat mencoba 🙂

Review Lip Balm Arab Hijau Merk Hare

Hello semuanya hari ini saya akan mereview Lip Balm Arab Hijau merk HARE 🙂

Lipstick merupakan barang yang wajib di bawa oleh setiap perempuan, tapi kalau untuk saya pribadi saya lebih suka menggunakan lip balm daripada menggunakan lipstick, kenapa? karena bibir saya termasuk jenis bibir kering, makannya saya lebih suka menggunakan lip balm karena teksturnya yang lebih berminyak dan lebih membuat bibir saya lembut dan lembab.

Langsung saja saya kasih tau salah satu lip balm yang saya punya…

pertama packaging dari lip balm arab hijau merk hare ini lucu dan cantik, warnanya hijau dan ada motif bunga-bunga berwarna keemasan, yang paling penting dari itu semua ukurannya mungil dan mudah diumpetin di dalam tas hehehe

img_20170127_173340

Next bagian bawah dari lip balm ini ada keterangan nomor lip balm, waktu expired, dan made in taiwan.  Namanya lip balm arab tapi kok buatan Taiwan (bingung juga hehehe) lebih rincinya sebagai berikut

img_20170127_173215

Selanjutnya badan dari lip balm ini juga cantik berwarna keemasan dan semakin menambah kesan elegan dari lip balm ini dan yang pasti gak malu-maluin kalau dipakai di tempat umum hehehe dan untuk bagian dalamnya berwarna hijau muda yang aduh cantik banget

Next saya coba aplikasikan lip balm ini di tangan saya jelasnya sebagai berikut, sedikit berminyak tapi jelas sekali perbedaanya kalau yang 1x oles dengan yang 3x oles, warnanya soft pink dan cantik bukan?

img_20170128_014456

Selanjutnya saya coba aplikasikan di bibir seksooooy saya, warnanya tampak pink muda, for your information ya ini cocok untuk pemilik warna bibir gelap seperti saya

img_20170127_174027

Dan intinya saya suka banget pakai lip balm arab hijau merk hare ini kalau pergi ke kampus. Bahkan untuk pergi ke kampus saja yang paling penting itu  saya menggunakan lip balm, ya karena untuk menutupi warna bibir saya yang gelap hehehe

selfiecamera_2017-01-27-17-41-53-576

Terakhir saya akan memberikan penialain buat lip balm arab hijau merk hare ini

kelebihan (+)
(+) packaging lucu, mungil, dan elegan
(+) teksturnya creamy, melembabkan bibir saya
(+) warnanya bisa menutupi warna bibir saya yang sedikit gelap
(+) harganya relatif murah dan pas untuk kantong mahasiswa seperti saya
(+) rekomendasi untuk kalian yang memiliki warna bibir gelap

kekurangan(-)
(-) aromanya kurang enak
(-) tidak ada keterangan BPOM dan sejenisnya
(-) hanya bertahan maksimal 6 jam itupun kalau tidak makan yang berkuah
(-) perlu pengaplikasian beberapa oles agar warna muncul sesuai yang diinginkan

Untuk Lip Balm Arab Hijau merk Hare ini saya beri nilai 7/10

So buat kamu penyuka lip balm, kamu harus coba pakai lip balm arab hijau merk hare ini
Recomended banget dan selamat mencoba 🙂

Blog Kawan :)

Berikut saya berikan beberapa link blog kawan PGSD saya 🙂

  1. Adjeng Saraswati
    Adjeng ini paling heboh di kelas, julukan dia di kelas  yaitu “miss rempong”
  2. Aprilia Ayu Saputri
    Mba Lia ini mamah muda beranak satu, nama anaknya Herla Zayyani Jauhara
  3. Siti May Munah
    Mba Maye ini klo di kelas sering jadi bahan bully, sebutan dia di kelas yaitu “miss lenjeh” soalnya kalau ngomong dia itu kayak dibuat-buat hehe maapin ya mba maye hihi
  4. Nova Widya Utamy
    Mba Nova ini satu-satunya mahasiswi yang udah ngajar di SD, semoga kita bisa segera menyusul mba nova jadi guru SD aamiin
  5. Tria Kusuma Argi
    Tria, aku punya panggilan aneh sama dia, dia manggil aku Piatos terus aku manggil dia Chitatos, dia tuh kalau ngomong bahasa jawa medok banget, kan jadi lucu 🙂
  6. Muthoharoh
    Mutho ini mahasiswi yang paling kalem diantara semua mahasiswi di kelas PGSD 🙂
  7. Tia Anggraeni Agustin
    Tia ini yang paing bisa bikin kelas pecaaaaah, soalnya celetukan dia bikin semuanya ketawa hahaha dia lagi hamil loh sekarang. anak PGSD mau punya ponakan baru yuhuuuu
  8. Listi Nurchabibah
    Bibah ini seru anaknya jado ngedance, kalau mau ngedance bisa tanya-tanya sama bibah
  9. Fadilah Wahyu Suyuti
    Fadilah ini jago nari jawa, dia mirip syahrini kalau ngomong, lucu deh kalau dia ngomong pasti ketawa semua
  10. Laela Khaerunnisa
    Laela ini juga mahasiswi yang seru, aku manggilnya lele, dia tuh diem-diem eh sekalinya dia bersuara wah bikin semuanya ketawa, abisnya cara ngomongnya lucu sih mba lele

Membuat Hiasan Case Handphone dengan Menggunakan Sampul Buku Bekas

Handphone merupakan alat komunikasi yang sangat penting dan merupakan barang wajib yang dibawa kemanapun kita pergi, bahkan saat bangun tidur di pagi hari benda yang kita cari adalah handphone, iya kan benar kan benar kan???? hehehe

Maka tak heran untuk anak-anak muda dan para orang tua di zaman sekarang memiliki handphone dengan kualitas dan kecanggihan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Untuk anak muda di zaman sekarang memberi hiasan dan pernak-pernik di hanphone merupakan kepuasan tersendiri karena dengan memberi hiasan atau pernak-pernik di hanphone, akan membuat diri kita lebih percyaya diri dan akan terlihat lebih fashionable.

Banyak yang menggunakan gantungan handphone dengan berbagai gambar dan bentuk, ada juga yang menggunakan softcase dan hardcase dibagian badan handphone dengan berbagai motif, ada yang menggunakan softcase dengan gambar hewan, tokoh kartu, nama pemilik, dan bahkan ada yang menggunakan nama pasangan di softcase handphone kalian.

Disini saya akan memberi tutorial bagaimana membuat hiasan untuk softcase belakang handphone agar terlihat lebih indah dan lebih menambah kepercayaan diri anda. Tentunya tetap dengan menggunakan bahan bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Berikut cara membuatnya.

Alat dan Bahan

  • Softcase handphone bening
  • Sampul buku bekas
  • Pensil
  • Gunting
  • Cuter

Langkah pembuatan

  1. Pertama siapkan niat di dalam hati kalian sebelum melakukan kegiatan ini, karena kegiatan ini membutuhkan ketelitian, kesabaran dan ketenangan. Hahahaha
  2. Ambil sampul buku bekas yang sudah tidak terpakai lagi, gunakan bagian sampulnya saja seperti berikutimg_20161218_171840
  3. Selanjutnya buat pola sesuai dengan ukuran dan bentuk softcase yang kalian miliki
  4. Selanjutnya gunting pola yang sudah di design tadi dengan menggunakan gunting dan cutter
    img_20170128_131207
  5. Setelah digunting, masukkan gambar tadi ke dalam softcase handphone kalianimg_20170128_131250
  6. Taraaaaaa softcase kalian sudah tak polos lagi dan sudah ada motifnya

    Selamat Mencoba 🙂